Thursday

Beautiful of life - Children

Pola Didik Terhadap Anak


Anak adalah anugerah. Salah mendidik anak adalah musibah.
Karena itu banyak orangtua bergumul mengenai pola asuh yang tepat dalam mendidik anaknya.
Cara mendidik yang salah akan membuat anak lebih membenci anda kelak karena anda sebagai orangtua tidak pernah mendisiplinkannya sedari kecil.
Dua gaya pola asuh yang kadang bertolak belakang adalah gaya Timur dan gaya Barat.
Timur yang khas dengan sikap otoriter, disiplin, keras, jadwal yang ketat dan punishment bagi pelanggaran yang dilakukan sangat bertentangan dengan gaya Barat yang lebih bebas, lebih dimanja dan selalu memaklumi sehingga anak diberi kebebasan mengekspresikan dirinya.
Seiring dengan perkembangan jaman, gaya mendidik anak dapat dilakukan dengan mengkolaborasi antara gaya Timur dan Barat.
Anak diberi kebebasan mengekspresikan dirinya yang disesuaikan dengan norma-norma agama dan norma-norma yang berlaku dimasyarakat. Tetap menghormati orang yang lebih tua atau yang dituakan. Dan diiringi pula dengan sikap disiplin, ulet, toleransi dan mandiri. Jika semua diterapkan dalam kehidupan si anak maka ia akan menjadi pribadi yang baik dan berhasil dalam hidupnya.
Orangtua harus dapat menerapkan pola tersebut dengan demokratis dan gaya yang lebih modern agar tidak kaku dipandangan anaknya.
Semoga tips ini dapat berguna bagi para orangtua atau calon orangtua :)
Selamat mendidik anak anda, cikal bakal penerus bangsa. Salam

No comments:

Post a Comment