Sunday

Cara Lain Berburu Dollar

Cara Lain Berburu Dollar

Dalam topic kali ini, saya akan memberikan Tips cara lain berburu dollar di Internet.

Banyak teman saya yang sudah berhasil menjalaninya dan bagi yang berminat, ada beberapa tips yang dapat saya sharing untuk memulai berburu dollar di internet  sebagai freelancer. Info ini saya dapatkan dari beberapa sumber dan telah saya rangkum untuk lebih memudahkan anda.

Sebelum memulai ada beberapa kriteria yang yang sebaiknya anda penuhi agar mempermudah usaha anda sebagai freelancer. Bukan syarat mutlak namun sangat berpengaruh untuk menunjang usaha freelancer anda. Syarat tersebut antara lain:
  • Menguasai bahasa Inggris, minimal baca tulis. Kalau tidak, anda akan kesulitan untuk berkomunikasi dengan client anda.
  • Memiliki skill yang cukup untuk bersaing dengan freelancer lainnya. Anda harus mempunyai kemampuan yang dapat diandalkan sebelum masuk ke dunia freelancer karena bila anda mengecewakan client maka akan berdampak pada reputasi anda seterusnya.
  • Koneksi internet yang menunjang karena semua pekerjaan dan komunikasi melalui internet maka hampir dipastikan syarat ini harus dipenuhi. Setidaknya anda berinvestasi untuk mendapatkan pelayanan ISP yang terbaik seperti berlangganan speedy.
  • Memiliki website sendiri sebagai portofolio anda sehingga client dengan mudah mengetahui siapa anda. Tidak mutlak tapi sangat membantu untuk meyakinkan client bahwa anda adalah orang yang dia cari.
Daftar ke website penyedia project. Untuk permulaan disarankan menggunakan getafreelance.com(GAF) karena banyak proyek kecil yang bisa anda coba ikuti. Selain tidak perlu mengikuti test, membuat proposal, dan prosedur lainnya yang banyak digunakan di website lain, GAF juga tidak terlalu membatasi freelancer dalam jumlah mengikuti penawaran proyek. Tidak seperti website lain yang sangat membatasi jumlah keikutsertaan dalam penawaran proyek untuk account gratis. Di website lainnya, untuk dapat apply lebih maka anda harus membayar sekian dollar.
Setelah mendaftar, silakan cari proyek yang anda ingin ikuti. Berikut adalah saran dalam memilih proyek:
  • Pilih proyek yang anda kuasai, misal sebagai penulis artikel, designer logo, dll
  • Jangan serakah dan langsung ikut proyek bernilai besar. Mulailah dengan proyek kecil dengan tujuan mengumpulkan review dan feedback dari client sebanyak mungkin, karena bisa jadi bila client puas dengan kerja anda, anda akan diberikan proyek-proyek selanjutnya.
  • Baca secara detail requirement proyek dan pastikan anda memahami apa yang diinginkan oleh pemilik proyek.
Setelah memilih proyek, saatnya melakukan penawaran ke client anda dengan cara:
  • Perkenalkan secara singkat diri anda dan kemampuan anda.
  • Yakinkan client bahwa anda mengerti dan menguasai apa yang client anda inginkan.
  • Tunjukkan apa yang pernah anda buat sebelumnya, sebaiknya tunjukkan karya anda yang kira-kira mirip dengan proyek yang anda minati. Misal, jika anda tertarik sebagai penulis artikel, kumpulkan hasil tulisan anda dalam satu blog atau website agar calon client dapat mereview hasil tulisan yang pernah dihasilkan oleh anda.
Bila klien anda tertarik dan membalas pesan anda. Jangan sia-siakan kesempatan. Yakinkan client bahwa anda tidak akan mengecewakan mereka. Namun pastikan requirement, prosedur pengerjaan, biaya, dan pembayaran telah jelas sebelum anda deal dengan client anda. Karena banyak terjadi para freelancer dikecewakan oleh pemilik proyek, dimana pembayaran yang dijanjikan tidak diberikan atau diberikan namun tidak sesuai jumlahnya atau  tidak tepat waktu.
Pastikan client anda puas dengan pekerjaan anda dengan menyelesaikan proyek tepat waktu dan sesuai dengan requirement proyek. Karena besar kemungkinan client anda akan meminta anda melakukan pekerjaan lain bila ia puas dengan pekerjaan anda.
Demikianlah tips dari saya dalam usaha berburu dollar sebagai freelance, semoga bermanfaat.
--- Selamat mencoba ---

No comments:

Post a Comment